Friday, January 14, 2011

...... dan situlah sekarang kita berada

Saya menemukan dua hal yang kontras satu sama lain, untuk itu saya menulis ini, dan membuat saya bertanya-tanya -yang sesuai yang mana?-


Beberapa hari ini telinga saya tak henti-hentinya mendengar tentang mutasi -rolling- pegawai dimana tempat saya bekerja. Ada yang membuat saya terperangah, ada yang membuat saya bertanya-tanya, dan juga ada yang membuat saya kaget -aku kageeet-


Ya, begitu bangganya ketika kita -semoga- bisa naik pangkat dan jabatan dan tidak dimutasi ke luar kota -yang tidak terlihat di peta, butuh skala yang kecil jika ingin terlihat- padahal budaya di kantor kita meyogyakan "terlempar" dulu apabila ada istilah pegawai yang "promosi". Itu budaya di unit tempat pacar saya bekerja sekarang, dan ternyata ada satu pegawai yang tidak terkena "aturan tak tertulis itu". Begitu hebatnya beliau, promosi di kota yang sama -Jakarta- naik pangkat jabatan pula...hmmmm...


Tak hanya pejabat yang mengalami gundah gulana keputusan mutasi dan promosi, jabatan pelaksana pun tak kalah hebohnya -pelaksana itu jabatan loh, jangan bilang pelaksana tidak punya jabatan, hehe- Di tempat pacar saya bekerja juga sedang heboh gosip-gosip mutasi, banyak berita simpang siur -pacar saya juga sedang dag dig duer menunggu keputusan- Seksi ini butuh si A si B dari Seksi itu. Seksi sana butuh si C buat urusan tender -aaahh...itu g adil, seksiku kan udah solid jangan diganggu gugat- 
Adilkah itu? mutasi pegawai ke tempat dimana dia dibutuhkan.... (sebut ini kesimpulan A)


Lain tempat lain cerita,
-Hei, si Otong mau dipindah ke bagian ini loh- -Otong?dia kan agak edan anaknya- -Tapi semoga dia bisa berubah di tempat baru- Amiiinn...
-Si Cuplis yang suka banget kalo tunjangannya dipotong (baca : pembolos berat) mau dipindah ke bagian ini loh- -Gilaaaaa, kayak tempat "buangan" aja-
Yaa, ini yang terjadi di tempat saya membanting tulang...
Adilkah itu? mutasi pegawai yang agak-agak tidak benar ke tempat lain a.k.a dibuang a.k.a seleksi alam.... (sebut ini kesimpulan B)


Antara Kesimpulan A dan B memang sangat kontras, ini yang mambuat saya bertanya-tanya mana sebenarnya yang lebih fair?keduanya mempunyai sisi adil dan tidak adil jika dilihat dari dua sisi yang berbeda..
Oke, tidak perlu saya memikirkan lebih fair mana karena sebenarnya keduanya juga mempunyai tujuan yang sama agar membuat organisasi lebih baik.


Ya, dimanapun kita ditempatkan tunjukkanlah yang terbaik, karena Allah SWT tau mana tempat yang terbaik untuk kita dan disitulah sekarang kita berada... [poezh]

No comments:

Post a Comment