Thursday, April 24, 2014

Fake Account

Hello World,

 Fake Account. Subuh-subuh kemarin tiba-tiba dichat sama Mba WAM "Rasanya apa ma, fotonya sering dipake, kaya artiss" >.< sambil dikirim foto sebuah akun facebook.

Foto dari WAM :)
Iya, ini sudah beberapa kalinya foto aku dipakai sama orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Awalnya sih tidak terlalu menghiraukan. Tapi girls, I am not famous like Dian Pelangi, Lulu Elhasbu, dan hijaber-hijaber lainnya. Tujuan posting di blog, twitter, IG karena memang hobi. Tapi alhamdulillah, Mbak Ika Susanti di atas sudah menerima saran dari Mba WAM untuk tidak memakai foto orang lain dan dia menghapus semua foto aku :) 

Dan perasaan ga rela itu muncul setelah melihat akun facebook lain.


Sebenernya, akun ini sudah aku tau sejak beberapa bulan lalu dari salah satu temen path. Awalnya cuma diketawain doank. Yang akhirnya, aku stalking dan ternyata dia adalah salah satu follower di facebook. Ok, akhirnya aku block akun Mbak Ayu Mahardika ini dengan harapan dia ga pakai foto-foto aku ini. Entahlah ada angin apa, aku akhirnya unblock akun ini karena pengen tau sejauh mana lagi dia pakai foto aku setelah diblock. Dan deg, ternyata dia tetep upadate dan dia pakai foto-foto yang aku upload di twitter. And now, I know that she/he is on of my twitter followers. :( Dan yang paling bete adalah dia upload foto aku di Anyer kemarin, yang memang satu-satunya foto di Anyer yang aku upload di twitter, captionnya pun sama :(. Huuuftt....


Karena memang suka stalking, jadilah aku baca semua status dia, dan yang buat semakin tidak wajar adalah ada beberapa status facebook dia itu adalah ocehan-ocehan aku di twitter, oh my.... be your self girl... 


Dan yang paling menggelitik adalah dia pasang status begini "Someone will always be prettier, be smarter, be young but they will never be you.. jadilah dirimu sendiri" huuftt... 


Ada satu lagi yang juga aku tau dari temen path aku yang dulu tinggal di Aceh. Foto aku entah dari jaman apa aku foto, dipake untuk gambar paperbag dari salah satu toko kacamata di Aceh. Speechless....

Photo from Neni
Tapi ya sudahlah, perasaan kayak gini muncul cuma karena aku ini bukan siapa-siapa, bukan artis, bukan hijaber yang terkenal, bukan model, tapi masih ga nyangka buat apa foto aku yang dipake. Dan mungkin mbak-mbak yang aku maksud di atas cepat atau lambat bisa juga baca post aku ini... If they read it, I wanna say to them :
 "I am sure that you are more beautiful just the way you are, Girls :)"
[poezh]

14 comments:

  1. Wah mba .itu tandanya muka mbak memang menarik mba kenapa ga jadi model pro saja mba .....salam kenal yg sabar ya mba ....yg kw ntar juga ngilang sendiri tapi bisa jadi merugikan mba kalau identitas kita di pakai orang lain .ya ,kalau untuk kebaikan kalau untuk kejahatan khan bisa berabe .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, kalo jadi model pro enggaklah, kan ini foto2 juga cuma hobi say :) iya semoga tidak dipakai untuk hal-hal yang negatif amiiin :)

      Delete
  2. aslii yang paling klimaks yang jadi foto paperbag.. speechless. setuju sama komen yang diatas, semoga ga dipakai untuk hal-hal yang negatif. yang sabar yaa mba Irma, i feel you :( hiks. musti cari tau nih gimana caranya foto-foto di blog biar ga bisa diambil :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Put... iyaaa, amin, semoga ga dipakai untuk hal yang negatif. Dulu, aku udah sempet cari cara biar foto di blog ga bisa dicopy, dan iyaa emang ribet yang akhirnya jadi lupa dan males nyettingnya, hihi. Dikasih watermark pun orang masih nekat juga ambilnya :(((

      Delete
  3. owalah irma, turut berduka atas penggunaan foto2mu tanpa ijin. kalau di jaman sekarang dengan adanya sosmed, jadi semakin rawan. fake account biasanya digunakan buat stalking org lain, tujuan copas agar terlihat se-natural mungkin. so beware...

    btw kayaknya perlu jd model beneran aja :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, Nanta, apalah aku ini kamu suruh jadi model >.<

      Iya emang, semakin rawan, orang pun juga semakin nekat dan ga punya rasa salah ambil dan pake foto orang, huuft... :(

      Delete
  4. cieee yang artissss :p fotonya jadi dipake dimana2. tp itu yang dipaperbag kocak sih. haha
    yaa namanya social media dunia maya memang bgini resikonya. susah dikontrolnyaa. selalu hati2 dan mudah2an aja foto kita ga dipakai untuk sesuatu yang negatif yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. o yaa irmaaa, link blog aku gantiii :D, jadi itu yang sweet escape bs didelete dan ganti yang ini. hahaha

      Delete
    2. Fikaa,

      Iya amiin semoga ga dipake buat hal2 yang negatif, tapi setelah ngepost begini foto-foto aku jadi dihapusin semua di akun fbnya :D

      eh iya, padahal udah aku ganti Fika dulu itu tapi entah kenapa linknya tetep yang sweet escape >.< ini aku ganti berulang-ulang, tapi tetep aja munculnya yang sweet escape :( tau ga gimana caranya Fik? huhu

      Delete
    3. Fikaa, aku jadinya masukin link profil kamu hehe, tetep ga bisa soalnya diganti, ini ngeror settingan aku :((((

      Delete
    4. iyaa ma, si kara jg blg ga bs masukin link blog aku yang baru. aneh dehh. knp yaaa :(

      Delete
  5. Eh Irma, aku baca postingan ini bbrp hari lalu tapi baru sekarang komen huehehehee
    Paling mantep liat yang tas toko kacamata :))) Selamat ya, Anda sudah jadi artis ibukota #eaaaa

    ReplyDelete
  6. Sabar yah irma. Disatu sisi mungkin dia emang orang yang mengagumi kamu tapi di sisi lain nyebelin juga karena dipakai untuk kegiatan komersil. Teknologi internet sudah tidak memandang privasi lagi. Apapun yang diupload di internet ada peraturan "gak tertulis" udah jadi milik publik. Sabar yah irma.

    Semoga kamu selalu menginspirasi sekitar & dikasih keberkahan dimanapun berada.

    ReplyDelete